logo

on . Dilihat: 35

Bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Kalianda Kelas IB, pada hari Selasa tanggal 18 Februari 2020 dilaksanakan Praktek Sidang Semu oleh Mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) IAIN Metro sebagai tugas akhir dari PPL tersebut. Pelaksanaan Praktek Sidang Semu yang dimulai pada pukul 10.30 WIB s/d 12.30 WIB tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua PA Kalianda Kelas Drs. H. Mahyuda, M.A., Hj. Khairunnisa, S.H.I., M.A., Ahmad Hidayat, S.H.I., M.H., Nurhidayat, S.Ag., M.A. selaku Praktisi Pengampu pada PA Kalianda bersama dengan Ibu DR. Hj. Siti Nurjannah, M.Ag., Hendra Irawan, MH. dan Elfa Murdiana, M.Hum. selaku Dosen Pembimbing Lapangan dari IAIN Metro beserta beberapa Pegawai PA.Kalianda. Kegiatan Praktek Sidang Semu ini dilaksanakan untuk mengimplementasikan pengetahuan dari Mahasiswa PPL IAIN Metro yang telah menimba ilmu dan pengalaman tentang hukum acara peradilan agama dan tata persidangan selama 2 (dua) bulan lamanya di PA Kalianda. Setelah pelaksanaan Praktek Sidang Semu berakhir, pada pukul 12.30 WIB langsung dilaksanakan acara penarikan kembali Mahasiswa PPL IAIN Metro oleh pihak kampus IAIN Metro. Acara yang juga dilaksanakan di Ruang Sidang Utama PA Kalianda tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua PA.Kalianda, Hakim dan Pegawai PA Kalianda beserta Mahasiswa PPL IAIN Metro.


Dalam penyampaian kesan dan pesan dari Mahasiswa PPL IAIN Metro yang diwakili oleh Andi Suhendra menghaturkan ucapan terima kasih atas bimbingan berupa ilmu pengetahuan, moril dan motivasi yang telah diberikan oleh seluruh jajaran keluarga besar PA Kalianda. Mereka mohon do’a agar dapat menjadi generasi penerus di institusi Pengadilan Agama serta memohon maaf atas segala kekhilafan dan kesalahan baik berupa tindakan maupun ucapan yang disengaja maupun tidak disengaja selama menjalani PPL di PA Kalianda.
Seiring dengan itu, penyampaian pesan dan kesan dari Praktisi Pengampu PA Kalianda yang disampaikan oleh bapak Nurhidayat, S.Ag., M.A., beliau mengharapkan agar seluruh hal yang telah diperoleh oleh 10 (sepuluh) orang Mahasiswa PPL IAIN Metro dapat menjadi ilmu yang bisa diterapkan untuk masa depan mereka nantinya. Beliau dalam laporan menyampaikan bahwa selain PPL, mahasiswa tersebut selain diberi bekal dengan pengetahuan teknis administrasi perkantoran, administrasi keperkaraan serta hukum formil dan materil, di samping dibimbing membuat surat gugatan sampai dengan teknis pembuatan Berita Acara Sidang (BAS) dan Putusan. Beliau juga menyampaikan terima kasih atas bantuan seluruh mahasiswa PPL IAIN Metro untuk bagian Kesekretariatan dan Kepaniteraan selama pelaksanaan kegiatan tersebut.


kemudian dalam sambutan wakil Ketua Pengadilan Agama Kalianda Kelas IB bapak Drs. H. Mahyuda, M.A. menyampaikan bahwa PA Kalianda telah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan materi kepada seluruh Mahasiswa PPL IAIN Metro. Besar harapan beliau di antara Mahasiswa PPL IAIN Metro ini ada yang menjadi Hakim Peradilan Agama melalui seleksi penerimaan Hakim yang direncanakan oleh Mahkamah Agung RI pada tahun yang akan datang. Beliau memohon maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan dari pihak PA Kalianda dan beliau juga berterima kasih atas kepercayaan IAIN Metro yang telah menempatkan Mahasiswa PPL IAIN Metro selama 2 (dua) bulan yang sangat bermanfaat dalam membantu administrasi PA Kalianda. Beliau juga akan selalu terbuka untuk seluruh Mahasiswa IAIN Metro yang membutuhkan informasi maupun ingin bersilaturahmi ke PA Kalianda. Pada kesempatan ini pula DR. Hj. Siti Nurjannah, M.Ag., mewakili Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) menyampaikan terimakasih kepada pihak PA.Kalianda yang telah memberikan kesempatan waktu, tempat serta ilmu-ilmu yang telah diberikan kepada seluruh Mahasiswa PPL IAIN Metro selama kurang lebih 40 hari yang berkaitan dengan tentang hukum acara peradilan agama dan tata persidangan khususnya.

Acara tersebut selesai pada pukul 13.30 WIB diakhiri penyerahan cinderamata oleh Mahasiswa PPL IAIN Metro dan Pihak Kampus IAIN Metro kepada PA.Kalianda yang diserahkan dari Mahasiswa PPL IAIN Metro serta Dosen Pembimbing Lapangan IAIN Metro kepada pimpinan PA Kalianda dan  ucapan selamat serta terima kasih kepada seluruh Mahasiswa PPL IAIN Metro dari seluruh keluarga besar PA Kalianda dan dilanjutkan dengan foto bersama.

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

PENGADILAN AGAMA KALIANDA

Jalan Kolonel Makmun Rasyid No. 48

Kota Kalianda,  Lampung Selatan.

Telepon  :  +62 727 323648

Faksmile :  +62 727 322140

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.m

           Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.