Seputar Peradilan

Pengadilan Agama Kalianda melaksanakan acara Deklarasi Pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) serta Launching Program Triple One Plus

Kalianda, tanggal 16 November 2018 Pengadilan Agama Kalianda melakukan acara Deklarasi Pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupis (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Acara tersebut digelar di halaman Kantor Pengadilan Agama Kalianda, dihadiri oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung Drs.H. Endang Ali Ma’sum, S.H., M.H., Plt. Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto, Ketua dan wakil Ketua Pengadilan Agama dari seluruh satker di wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Agama Bandarlampung, anggota forkopimda, Kepala Kantor Kementerian Agama, Organisasi perangkat Daerah (OPD) Pemkab Lampung Selatan, kepala Imigrasi Lampung Selatan, Kepala Lapas Lampung Selatan, ASDP Lampung Selatan, Pimpinan Cabang Bri dan Bank Syariah Mandiri,  Direktur STIH Muhammadiyah dan STAI YASBA,  Majelis Ulama Indonesia Lampung Selatan dan Ormas Islam Kabupaten Lampung Selatan.

Acara yang dihadiri lebih dari seratus orang tersebut dimulai dengan deklarasi pencanangan Zona Integritas yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Agama Kalianda Dra. Hj. Sartini, S.H., M.H. diikuti seluruh aparatur Pengadilan Agama Kalianda, dilanjutkan dengan penandatanganan piagam Pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupis (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)  oleh Ketua Pengadilan Agama Kalianda disaksikan oleh Kapolres Lamsel, Ketua Pengadilan Negeri Lamsel dan Kepala Kejaksaan Negeri Lamsel didampingi oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung dan Plt. Bupati Lampung Selatan.

IMG-20181117-WA0006

IMG-20181117-WA0007

Ketua Pengadilan Agama Kalianda, Sartini dalam sambutannya menyampaikan bahwa pencanangan zona integritas di Pengadilan Agama Kalianda dengan mengundang banyak orang dimaksudkan untuk mempublikasikan secara luas kepada masyarakat agar aparatur Pengadilan Agama Kalianda senantiasa dapat dipantau, dikawal dan diawasi secara luas oleh masyarakat, konsekuensinya apabila terbukti ada aparatur Pengadilan Agama Kalianda melakukan pungli, gratifikasi dan korupsi maka pimpinan akan menindak tegas dan memberikan sanksi yang berat.

Bagai gayung bersambut Plt Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas komitmen aparatur Pengadilan Agama Kalianda untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat yang bersih dari pungli, gratifikasi dan korupsi. Selanjutnya beliau berharap komitmen mulia tersebut dapat diimplementasikan juga oleh Organisasi Pernagkat Daerah (OPD) di lingkungkan Pemkab Lampung Selatan, sehingga kedepan seluruh OPD akan menyandang predikat wilayah bebas korupsi.

Sambutan terakhir disampaikan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung Endang Ali Ma’sum menyampaikan apresiasi telah dicanangkan  Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupis (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Pengadilan Agama Kalianda,  sehingga beliau tidak akan segan-segan akan menindak tegas dan memberikan sanksi yang seberat-beratnya. Untuk itu beliau berharap kepada Plt. Bupati dan Kapolres Lampung Selatan melaui Saber pungli segera menangkap apabila ada oknum yang terbukti melakukan penyimpangan. selanjutnya beliau mengajak semua Ketua Pengadilan Agama di wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung berkomitmen untuk melakukan pencanagangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupis (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di wilayahnya masing-masing.Acara ditutup jam 11.00 WIB dilanjutkan dengan ramah tamah. (Tim IT PA.Kla)