Seputar Peradilan

Pengadilan Agama Kalianda Semarakkan Bulan Ramadhan dengan Kegiatan Tahsin Quran, Rabu, 30 Mei 2018

Rabu, 30 Mei 2018 bertetapan dengan tanggal 14 Ramadhan 1439. Bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan kebahagiaan. Tentunya di bulan suci yang penuh berkah ini, seluruh amal kebaikan kita akan dilipatgandakan seperti yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah yang artinya: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.


        Artinya: “Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Bukhari no. 1904, 5927 dan Muslim no. 1151)

 

Guna  mengisi puasa ramadhan dengan kegiatan yang bermanfaat, Pengadilan Agama Kalianda mengadakan  kegiatan tahsin alquran. Kegiatan tahsin Al- Qur’an ini dibimbing oleh Bapak H. Dede Andi., S. H I., M. H. Beliau memberikan materi ilmu tajwid dalam membaca Al- Quran yaitu tentang makharijul huruf dan hukum bacaan di dalam alquran yang meliputi ikhfa, izhar, iqlab, dan idgham.

77679dd9-7b45-4ee9-bced-ab4f45c01ad6

“Tujuan mempelajari ilmu tajwid, agar kita dapat membaca Alquran dengan benar dan fasih, jelas dan tartil sehingga bacaan bisa benar dan seragam. “Dan bacalah Alquran itu dengan tartil.” (QS Al-Muzammil 4). Dengan bacaan yang benar dan fasih serta tartil kita sudah terlepas dari kesalahan dan tentu saja akan memperoleh pahala dan ridha dari Allah SWT. Sebaliknya jika kita membaca dengan menyalahi ilmu tajwid, ini akan berdampak pada perubahan makna dari ayat tersebut, tentunya hal tersebut meruapaka sebuah kesalahan yang fatal“ Terang Dede Andi.

ea7da8fc-f08a-4d08-bf8b-628e1a70e4b4

Hal tersebut juga diaminkan oleh Ketua Pengadilan Agama Kalianda, Hj. Sartini, S. H M.H. Menurut beliau, kegiatan tahsin alquran ini sangat bermanfaat untuk memperbaiki bacaan alquran para aparatur pengadilan agama kalianda agar membaca alquran dengan benar dan fasih.

ac299598-a7f5-46f0-8737-bf85623b0029

Beliau berharap kegiatan ini tidak hanya diadakan pada waktu bulan Ramadhan, namun juga diadakan pada bulan-bulan lainnya sebagai wujud keseriusan dalam mengimplementasikan ilmu tajwid dalam bacaan Quran setiap pegawai di Pengadilan Agama Kalianda.