1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

    Dirgahayu Mahkamah Agung Republik Indonesia ke-72 di Kalianda

    Hari Sabtu, tanggal 19 Agustus 2017 Sesuai surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor : 795/SEK/HM.01.2/08/2017 tanggal 11 Agustus 2017 perihal Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung RI ke-72 yang ditujukan kepada Para Ketua Pengadilan Tingkat Banding pada empat lingkungan peradilan, Para Ketua Pengadilan Tingkat Pertama pada empat lingkungan Peradilan untuk mengadakan upacara HUT MARI ke-72 secara serentak di Kantor Pengadilan Negeri.

    Ada hal yang berbeda dengan upacara peringatan HUT MARI sebelumnya, karena peserta upacara biasanya memakai Pakaian Sipil Lengkap untuk para hakim, Pakaian Dinas Harian Mahkamah Agung untuk pegawai sedangkan peringatan HUT MARI tahun ini peserta upacara seluruhnya memakai kaos olah raga karena dilaksanakan pada hari libur yang biasanya digunakan untuk olah raga.

    Pengadilan Agama Kalianda dan Pengadilan Negeri Kalianda mengadakan Upacara Bendera bersama dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung RI ke-72 di halaman Kantor Pengadilan Negeri Kalianda. Kendati memakai kaos olahraga  upacara tetap dilaksanakan dengan  khidmat yang diikuti oleh  para peserta upacara yang terdiri dari wakil Ketua Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri, para Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional serta seluruh Pegawai Pengadilan Agama Kalianda dan Pengadilan Negeri Kalianda.

    Upacara bendera dilaksanakan tepat pukul 08.00 WIB dihalaman Kantor Pengadilan Negeri Kalianda. Ketua Pengadilan Agama Kalianda Dra. Hj. Sartini, S.H., M.H. bertindak sebagai Inspektur Upacara, Suwardi sebagai Komandan upacara, Sudirman, A.Md sebagai ajudan dan Retno Dwi Jayanti sebagai pembawa acara.

    Ketua Pengadilan Agama Kalianda dalam amanatnya membacakan pidato tertulis Ketua MARI dengan tema “Dengan Badan dan Jiwa yang Sehat Kita Wujudkan Badan Peradilan Yang Agung” yang pokoknya:

    Pertama, aparatur Pengadilan diharapkan selalu menjaga tubuh dan jiwa yang sehat, dengan memiliki integritas dan kredibilitas yang sangat tinggi agar dapat menjalankan pekerjaan dengan sebaik-baiknya di tengah tantangan dan problematika yang akhir-akhir ini banyak yang menjadi sorotan publik.

    Kedua, menumbuhkan semangat kebersamaan dalam bekerja untuk mewujudkan visi mahkamah Agung sebagai Badan Peradilan Indonesia Yang Agung, yang direalisasikan dengan misi menjaga kemandirian badan peradilan, memberikan pelayanan hukum yang berkeadilan kepada pencari keadilan, meningkatkan kualitas kepemimpinan badan peradilan dan meningkatkan kredibilitas dan transparansi badan peradilan.

    Ketiga, Pembinaan dan pengawasan yang diterapkan di lingkungan Mahkamah Agung RI diharapkan dapat menjaga aparatur peradilan dari tindakan tercela. Namun system yang ada tersebut menurut beliau hanyalah mekanisme control eksternal, yang terbaik tentu berada dalam diri sendiri dengan terus menerus menjaga kebersihan dan kesehatan jiwa, karena dengan jiwa yang bersih akan lahir keyakinan bahwa semua yang kita lakukan pada akhirnya akan dipertanggungjawabkan.

    Acara ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh salah seorang Hakim Pengadilan Agama Kalianda H. Dede Andi, S.H.I., M.H. Upacara selesai tepat pukul 08.45 WIB dan dilanjutkan dengan olah raga dan bakti sosial. Ahid

    • Duka Cita Untuk Ibunda Dari Ibu Nurlaila, S.H.I.